(sok) Healthy Lifestyle


Hai teman-teman. Sebenarnya bingung mau mulai darimana. Aku gak terlalu healthy lifestyle juga kok. Masih mengonsumsi makanan yang digoreng. Makanya judulnya (sok) healthy lifestyle.  Okay mulai dari kebiasaan yang udah ku mulai cukup lama.

1. Gak Pernah Minum Air Es
Aku ngelakuin ini udah lumayan lama. Awalnya pasti susah lepas dari minuman dingin. Tapi kalau udah kebiasaan malah tenggorokan langsung gak enak kalau minum dingin. Kalaupun aku harus minum es, pasti aku minta "es nya dikit aja ya mbak/mas" dan aku nunggu sampai bener-bener cair es batunya. Kalau makan di luar, pasti pesan minum teh tawar panas. Enak? Tergantung selera. Aku mikirnya, udah makan di luar dengan porsi nasi dan makanan yang cukup banyak, jadi air putih atau teh tawar untuk netral-in rasa.

2. Kemana-mana Bawa Tumbler!
Selain hemat uang, bisa juga bantu melestarikan lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Seru kan punya kebiasaan yang bisa berdampak langsung pada lingkungan? Udah jarang banget beli minuman kemasan. Selain karena banyak kandungan gula di dalam minuman kemasan, juga karena alasan lingkungan tadi. Meski minuman kemasan yang ada tulisan less sugar pun, menurutku tetap manis. Aku kurang suka. Lebih enak air putih atau teh tawar hehehe.

Kedua hal tersebut, mungkin akan ku langgar kalau terlanjur dibelikan orang lain. Suka ngerasa sungkan kalau udah dibeliin tapi gak diminum. Jadi, untuk menghargai pemberian orang lain. Walaupun pada akhirnya, bakal lebih banyak minum air putih.

Ngerasa gak sih kalau minum-minuman manis justru bikin haus? Atau cuma perasaan ku aja?

Nah ini beberapa kebiasaan yang beberapa bulan ini aku lakuin
1. Work Out
Dalam satu minggu, aku bisa olahraga 2-3 kali. Work out ku apa? Cardio. Kenapa aku milih cardio? Simple sih alasannya, bosen kalau jogging atau bersepeda dan karena jogging atau bersepeda sejam lebih tapi ngeluarin keringat dikit. Dibandingin sama cardio yang cuma 30-60 menit udah bisa bakar ratusan kalori.
Jangan ditiru alasannya HAHAHA. Harusnya kamu tahu dulu apa yang mau kamu 'bakar'. Tapi, setelah aku cari tahu ternyata ada benernya juga aku milih cardio. Cardio buat bakar lemak. Buat kamu yang mau 'bakar' lemak-lemak jahat, mending cardio. Gak usah cardio lama-lama, cukup 30-60 menit aja itu udah bagus kok. ASALKAN RUTIN!! JANGAN SEMANGAT DI AWAL-AWAL DOANG.
Ini dua video cardio work out yang aku lakuin.

cardio 30 menit

cardio 60 menit

2. Banyak Makan Sayur dan Buah
Aku gak bisa sehari tanpa sayur. Harus banget tiap hari makan sayur. Langsung ngerasa gak enak badan kalau lama gak makan sayur. Buat kamu yang gak suka makan sayur dan buah, yuk coba biasakan makan sayur dan buah. Dikit-dikit aja, nanti lama-kelamaan pasti ketagihan.

3. Mengurangi Konsumsi Daging
Ini udah sebulan lebih aku gak makan segala jenis daging. Malah ngerasa eneg lihat daging sapi, daging ayam, ikan. Gak tahu kenapa. Dari beberapa artikel yang aku baca, jadi vegan bisa menyelamatkan 200 hewan tiap tahunnya. Angka yang cukup besar bukan? Tapi aku bukan full vegan juga. Daging bisa diganti dengan tahu, tempe, biji-bijian, kacang-kacangan, dll.

4. Gak Makan JUNK FOOD dan FAST FOOD
Kata orang, aku 'lemah' karena lama gak makan mie instan. Rekor terlama ku, sekitar 8 bulan gak makan mie instan. Salah satu cara biar gak makan mie instan adalah JANGAN PERNAH NYETOK MIE INSTAN!! Cara lainnya adalah mulai belajar masak hahaha, karena dengan kamu masak sendiri pasti kamu akan 'sayang' kalau makanan mu gak dimakan atau sisa. Udah capek-capek masak, masa kamu lebih milih makan mie instan?


Itu beberapa ke-sok-healthy-an ku. Sekali lagi, aku gak healthy banget kok, makanan ku gak clean dan healthy banget kok. Masih mengonsumsi yang digoreng, seperti tempe goreng, tahu goreng, kentang goreng, dsb. Tapi kalau aku diajak makan di restoran fast food, to be honest aku lebih milih beli buah terus dibawa kesana (padahal ada peraturan gak boleh bawa makanan dari luar hehehe) atau aku lebih milih minum air putih di tumbler yang biasa ku bawa.

Jadi, semua ini bukan pencitraan di sosial media, tapi benar-benar aku lakukan. Teman-teman dekat ku pasti tahu sih kebiasaan pemilih ku ini.
Semua ini aku lakukan untuk menjaga apa yang telah Allah titipkan padaku. Aku juga udah mulai sadar umur, bukan anak umur belasan tahun lagi. Apa salahnya untuk mengurangi makanan kurang sehat? Toh ya untuk kebaikan diri sendiri dan lingkungan pastinya. Bukan berarti ini tidak bisa menikmati hidup. Salah besar. Makanan sehat juga enak loh.

Semoga bermanfaat.
#AyoHidupSehat

Comments