Jajanan Pasar Kekinian


Yummy IDN mengadakan event lagi di bulan ini dengan tema “Jajanan Pasar”. Diadakan di Studio Yummy, IDN Media Creative Lab Surabaya, Ruko Sentra Darmo Villa C1-3 Jalan Darmo Permai Selatan. Apasih jajanan pasar itu? Pengertian sederhana jajanan pasar yaitu pastry khas Indonesia. Ciri-ciri jajanan pasar yaitu menggunakan bahan-bahan khas Indonesia, biasa dijual di pasar, dan cara pengolahannya masih tradisional tidak perlu menggunakan oven. Event ini dipandu oleh Ruth dan chef Gilang Ramadhano.
            Chef Gilang berbagi banyak ilmu tentang membuat jajanan pasar. Ia membagi menjadi tiga tingkatan kesulitan yaitu kategori gampang contohnya kue tok, klepon, kedua kategori sedang contohnya onde-onde, dan terakhir sulit contohnya kue putu. Tak hanya itu, chef juga memberikan tips supaya kelapa parut tidak mudah basi atau tengik. Ada dua cara yaitu dengan dimasukkan ke dalam freezer atau disangrai. Pilih salah satu dari kedua cara itu. Satu lagi, ketika memeras santan usahakan langsung digunakan. Jangan sampai beberapa lama setelah diperas baru digunakan karena santannya jadi kurang baik untuk digunakan (bisa basi atau ada endapan).
Cooking demo kue tok yang dipresentasikan oleh chef Gilang. Ternyata cukup mudah bahan dan caranya. Ada tepung ketan, gula halus, tepung beras, santan, sedangkan untuk isiannya ada kacang hijau dan gula halus. Setelah kue tok jadi, dapat dikemas dengan kotak berpita agar lebih menarik dan meningkatkan harga jual. Bisa dijadikan hampers, seserahan, atau acara lainnya seperti arisan.
Tampilannya jadi lebih menarik kan? Dan gak kalah dengan kue-kue kekinian lainnya.


Itu beberapa foto waktu event Yummy IDN (Sabtu, 23 Februari 2019). Terima kasih sudah menyelenggarakan event ini. Semoga ke depannya masih ada banyak event lagi. Sukses juga untuk apps Yummy yang segera launch.

Comments