Ayat-Ayat Favorit

Assalamualaikum wr. wb.

Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur'an memiliki 114 surat dan 6.666 ayat. Berikut merupakan ayat-ayat favorit ku:


2:45
“Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”



2:110
"Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah."



2:216
"Boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu."



2:275
"Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba."



2:286
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."



4:32
“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian yang lain.”



5:105
“Wahai orang-orang yang beriman! Jagalah dirimu; (karena) orang yang sesat itu tidak akan membahayakanmu apabila kamu telah mendapat petunjuk. Hanya kepada Allah kamu semua akan kembali, kemudian Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”



5:114
"Berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki."



9:40
"Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita."



12:87
"Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir."



13:28
“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.”



14:7
“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”



14:40
“Wahai Tuhanku, jadikanlah aku, dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, wahai Tuhan kami, perkenankanlah doa-ku (40). Wahai Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat) (41).”



17:23
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkatakan ‘”ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”



17:79
"Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.'



21:35
“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.”



22:40
“Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Maha Kuat, Maha Perkasa.”



24:26
”Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”



26:85-86
“Dan jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan (85). Dan ampunilah ayahku, sesungguhnya dia termasuk orang yang sesat (86).”



27:19
“Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau kepadaku dan kepada kedua orang tua ku, dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”



33:42
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliyah dulu.”



36:82
“Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.”



49:11-12
"Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang dzalim (11). Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain.  Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang (12).”



55:13
"Maka nikmat Tuhan mu yang manakah yang kamu dustakan?



57:6
“Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.”



78:9
“Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat.”



93:7
"Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk."



94:5-7
“Maka sesungguhnya setelah ada kesulitan ada kemudahan (5). Sesungguhnya setelah ada kesulitan ada kemudahan (6). Maka apabila engkau telah selesao (dari suatu urusan) tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain (7).”



94:8
“Dan hanya kepada Tuhan-mu lah engkau berharap.”



Ayat-ayat di atas merupakan ayat-ayat favorit ku. Sesungguhnya, masih banyak sekali ayat-ayat favorit. Tapi semoga itu semua cukup mewakili.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Comments