NEW STARTS


/ Read, please /
#SharingisCaring
Tolong dibaca baik2, kalau lagi tidak ada waktu. Bisa disave dulu.

Bagaimana cara untuk menaikkan imun? Burgreens & Maxmandias telah merangkum jadi 9 huruf NEW STARTS (Nutrition, Exercise, Water, Sunshine, Temperance, Air, Rest, Trust in God, Stress Management).

1. Nutrition
Nutrition ini berhubungan dengan usus. Nah, 70-80% imun tubuh ada di usus pencernaan kita. Ada 'prajurit' dan 'senjata'.

Imun tubuh kita dipisahkan hanya dengan 1 lapisan usus yang lebih tipis dari rambut kita (sebagai tempat peperangan). Sisi sebaliknya ada bakteri usus (sebagai prajurit).
Tidak peduli sebanyak apa senjatanya, jika tidak ada prajurit, sulit untuk berperang. Imun tubuh dan bakteri usus ini berdampingan.

Untuk memberi makan prajurit ini membutuhkan makanan yang tinggi Microbiota Accessible Carbohydrate (MAC) atau Resistance Starch.
MAC merupakan jenis serat yang bisa bertahan sampai usus pencernaan terakhir.

Diantaranya, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, dll), umbi-umbian (singkong, ketela, kentang, dll), beras merah, beras coklat, pisang lokal, oats. Nasi putih TIDAK ada resistance starch.

Untuk senjatanya perlu mengonsumsi apa? Semua makanan yang mengandung antioksidan. Diantaranya, buah, jamu, teh herbal, cengkeh, oregano, herbs2 kering (seperti daun salam, tyme, rosemarry), jahe, cengkeh, dll.

Bahan yang dapat meluruhkan/memperlemah sistem imun:
- Limit: gorengan, protein hewani, kopi.
- DON'T: ultra processed food (mie instan, kornet, nugget, sosis, kue kering, martabak, donat, roti manis, croissant), dairy products (susu sapi, keju, dan produk turunan dairy lainnya), alkohol, rokok, boba, and protein shake. JANGAN low carb diet (keto, carnivore).

*kopi? Too much kopi bisa menghambat imun tubuh. Kortisol & adrenalin aktif. Membuat tubuh sigap, jadi apapun yang membuat tubuh tidak sigap, kerjanya akan limit (pencernaan dan tidur).
Low metabolizer: max 1 cup coffee.
Fast metabolizer: max 2 cups coffee.
I'm coffee addicted and so sad.

*dairy? Karena 70% orang Indonesia itu lactose intolerance. Menyebabkan inflamasi di saluran paru2.

*protein shake? Liquid tersebut memengaruhi kerja imun tubuh.

*low carb diet dapat memicu kolesterol, cancer, dll.


***Cara memasak paling baik yaitu kelembapan tinggi dan temperatur tidak terlalu tinggi. Bisa kukus, rebus, pepes, sup, ungkep, tumis dengan tambahan air.

***Untuk yang alergi atau ada masalah dengan pencernaan, bisa memilih 2-3 bahan saja.

***BATASI JAM MAKAN! Di luar negeri sering disebut intermittent fasting. Usahakan maks makan di jam 6 sore. Mengapa? Karena, setelah jam 6 sore, organ tubuh tidak selalu sibuk untuk mencerna makanan. Dengan pembatasan ini, imun juga jauh lebih aktif.

***Makan bawang2an juga baik! (bawang putih, bawang merah, bawang bombay, daun  bawang).
Resep: geprek bawang putih, biarkan 15 menit, iris-iris, tambahkan kecap, dan cabe. Bisa sebagai cocolan di beragam lauk pauk.

2. Exercise
Penting untuk menaikkan imun tubuh. Too much exercise malah tidak dianjurkan.

3. Water
Perbanyak konsumsi air dan teh herbal, sering cuci tangan dengan sabun. JANGAN minum soda, boba, kopi susu!

4. Sunshine
Berjemur di bawah sinar matahari selama 20-30 menit dapat menaikkkan imun tubuh. Studi menyebutkan bahwa 10 menit di bawah sinar matahari = minum 1 pil anti depresan.
Penelitian dari UI menyebutkan bahwa, virus covid-19 dapat mati, tahan di baju selama 9-20 menit. Itulah pentingnya sunshine!

5. Temperance
Stop dari alkohol, rokok, drugs. Apapun itu yang membuat badan kita terluka.

6. Fresh air
Jangan di bawah AC terus! Sempatkan keluar rumah. Orang bisa lebih cepat sakit bila di dalam ruangan AC untuk jangka waktu yang lama.

7. Rest
Usia 20-40 tahun butuh tidur selama 6-8 jam. Tapi, yang penting deep sleep. Jika kurang tidur akan berpengaruh pada imun.

8. Trust in God
Caranya, berserah diri, meditasi. Mampu menaikkan imun tubuh. Berserah juga do something. Jangan berserah aja, tapi tetap merokok, minum alkohol, dll. Harus dua arah!

9. Stress management
Orang-orang yang stres memiliki imun yang lebih rendah. Caranya, bisa melakukan meditasi, dll.


Stay healthy!!!
#NEWSTARTSwithBurgreens
#AgentforChange
#Ditaveggie

Comments